- Artikel Terbaru -
Loading...
davidpras1994@gmail.com @davithace 79715AEB

9 Mei 2012

Contoh Khotbah untuk anak - BERSIKAP JUJUR

Posted at  5/09/2012  |  in  religi


Adik – adik yang terkasih dalam Kristus. Kita bertemu lagi dalam sekolah minggu ini. Pada kali ini, kita semua akan membahas mengenai bersikap jujur.

Jujur berarti tidak berbohong, tidak berdusta, mengatakan kebenaran. Jujur itu juga berarti tulus hati, tidak curang. Tidak curang terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran itu merupakan keselarasan  antara kata hati dengan kata yang diucapkan, dan juga keselarasan antara kata yang diucapkan dan sikap serta perbuatan adik – adik. Contohnya, adik – adik bilang sama temannya ‘eh jangan nyontek dong’ tapi ternyata kamu sendiri juga mencontek, nah itu antara kata yang diucapkan dengan sikap dan perbuatan tidak selaras, itu termasuk ketidakjujuran.

Kejujuran itu adalah hal yang sangat penting, karena :

  • Kejujuran menumbuhkan kepercayaan, yang bisa menjadi dasar dalam pergaulan/pertemanan dan hidup bersama
Contoh : Misalnya  kamu udh janji ga akan sebarin rahasia temen kamu tp kamu bohong malah crita k org lain, nah pasti temen kamu akn sebel bisa2 kamu dijauhin krn kepercayaan yg udh temen kamu kasih k kamu tp kamu sia2kan krn kamu malah berbohong. Coba adik – adik pasti gamau kan berteman sama orang yang suka bebohong, pasti semuanya pengen punya temen yang juju.
  • Kejujuran bisa menjadi dasar perkembangan pribadi dan kemajuan kelompok. Karena orang jujur akan sanggup menerima kenyataan pada diri sendiri, orang lain dan kelompok
  • Kejujuran dapat memecahkan banyak persoalan

Nah, sebagai seorang Katolik (sebenarnya tdk hanya Katolik tp kita semua orang di dunia ini) memang harus bersikap jujur. Kita semua harus bisa bersikap jujur dimana pun kapan pun baik di tengah – tengah ketidakjujuran dan ketidakbenaran kita harus bersikap benar, jujur, dan adil.

Seperti kata Yesus dalam Mat 5:37 “Jika ya, hendaklah kamu katakana : ya, jika tidak hendaklah kamu katakan : tidak. Apa yang berasal daripada itu berasal dari si jahat.” Nah, adik – adik skalian Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kita untuk bersikap jujur, kalau kita tidak bersikap jujur itu bkn ajaran Tuhan melainkan ajaran iblis yang ingin menjerumuskan kita ke dlm dosa.

Tidak ada kehidupan yang bahagia, aman, tentram, dan selamat, tanpa kejujuran. Kalau kita jujur apapun yang kita lakukan akan disenangi oleh banyak orang. Akan tetapi sebaliknya bila kita selalu berbuat bohong, maka akan membuat hati resah dan selalu merasa salah karena selalu berbuat bohong.

Kebohongan akan mendekatkan diri kepada kemunafikan, kemunafikan akan membawa kita kepada kesengsaraan, kesengsaraan membawa kita kepada kebodohan yang pada akhirnya akan membuat kita jauh kepada Allah

Manfaat jujur :
  • perasaan enak dan hati tenang
  • mendapat pahala
  • selamat dari bahaya. Orang yang jujur walaupun pertama-tama ia merasa berat akan tetapi percayalah pada akhirnya ia akan selamat dari berbagai bahaya.
  • Disukai banyak orang
  • Orang – orang menjadi percaya pada kita
  • Tuhan Yesus senang
Kerugian berbohong :
  • Hidupnya palsu penuh dengan kebohongan
  • Tidak tenang, resah krn dihantui rasa bersalah krn berbohong
  • Susah mendapat kepercayaan dr org lain
  • Berdosa
  • Tidak disenangi Tuhan
  • Jauh dengan Tuhan

Yesus juga berkata dlm bdk. Yoh 8:44 “Jika kamu tidak mencintai kebenaran, kamu adalah anak setan; bapa yang melahirkan kamu adalah setan. Kalau ia berdusta, ia berbicara berdasarkan hakikatnya sendiri, sebab ia memang pendusta dan bapa segala dusta.”
Nah, sudah jelas bahwa berbohong itu tidak ada manfaatnya sama sekali, yang ada hanya mendekatkan kita pada setan.

Rasul Paulus menulis dlm Ef 4:25 “Jauhkanlah segala dusta dan bicaralah yang benar, satu sama lain, sebab kita adalah anggota, satu terhadap yang lain.”

Untuk itu adik – adik kita semua harus bersiakp jujur. Kejujuran sangat penting, sebab kejujuran membuat orang percaya kepada kita, pergaulan menjadi wajar dan kita sama – sama dapat memecahkan suatu persoalan.
Yesus menuntut supaya kita selalu berkata dan bersikap jujur.

Jujur itu indah. Dengan bersikap jujur kita bisa mendapatkan kepercayaan, cinta, dan rasa hormat



----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika ada pertanyaan/ kritik / saran silahkan berkunjung dan komen di :
asemanisblog.blogspot.com
davidarianto.blogspot.com
email : davidpras1994@gmail.com
twitter : @davithace
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

 katholik kristen

contoh renungan anak kotbah anak renuangan katolik renungan bina iman anak

davidpras1994@gmail.com @davithace 79715AEB

Share this post

0 Comment:

About-Privacy Policy-Contact Me
Copyright © 2014 idolCHIP. Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top