- Artikel Terbaru -
Loading...
davidpras1994@gmail.com @davithace 79715AEB

9 Agt 2010

4 kegiatan Pokok dalam agama katholik

Posted at  8/09/2010  |  in  religi


  1. Bidang Liturgi / Peribadatan
·        Misa di Gereja Santo Servatius menyisipkan unsur budaya pada setiap misa spesial. Misalnya, Misa dengan kultur Betawi, Batak, Jawa, Tionghoa, dan lain lain.
·        Dengan ini diharapkan, walaupun Gereja Servatius sangat kental dengan budaya Betawi,  namun toleran dengan masyarakat dan budaya lain.

  1. Bidang Kerygma
Contoh kegiatan :
. Pewartaan di lingkungan
. Pengajaran pendalaman iman,

  1. Bidang Martiria
Martiria jaman sekarang adalah “Berbuat nyata di masyarakat.” Artinya, tugas martiria adalah menyebarkan semangat kristiani pada masyarakat  tanpa mendoktrin seseorang untuk menjadi kristiani.
            Contoh kongkrit : kerja bakti di Rt/Rw.

  1. Bidang Diakonia

Kegiatannya antara lain :
·        Pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan penyembuhan gratis ataupun murah. Contoh : Pijat refleksi, Pemeriksaan darah, pemeriksaan mata gratis.
·        Pelayanan Marius (Pelayanan orang meninggal).
·        Beasiswa untuk anak yang kurang mampu.
·        Prodiakon , Putera Altar, Dewan Paroki, Satpam Gereja, dll.


Kegiatan lain :


Wawancara :

1) Secara garis besar, ada berapa macam tugas – tugas gereja ?
Jawaban : Tugas – tugas gereja terbagi menjadi 5 bagian, yaitu : Liturgia, Diakonia, Koinonia, Kerygma dan Martyria.

2) Apa makna atau maksud dari  tugas – tugas tersebut ?                                                                                                                                      
Jawaban :
·        Liturgia : Tugas gereja untuk menguduskan.
Gereja memiliki tugas untuk menguduskan diri nya dan dunia di sekitar nya.

·        Diakonia : Berasal dari bahasa Yunani yang artinya melayani. Jadi, Diakonia adalah Tugas Gereja untuk Melayani. Pelayanan Gereja ini bersumber pada diri Kristus yang hadir ke tengah dunia untuk Melayani umat Nya.

·        Koinonia : Berasal dari bahasa Yunani yang artinya persekutuan atau bersekutu.
Tugas ini menuntut Gereja untuk bersatu menjadi Satu Tubuh yang berjalan seiring karna memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama sebagai Abdi Kristus serta memiliki tujuan yang sama yaitu Kristus sendiri.
Menjadi Satu Kesatuan yang utuh yang didasarkan pada satu Iman yang sama yaitu Iman pada Yesus Sang Juruselamat.

·        Kerygma : Tugas Gereja untuk Mewartakan.
Gereja memiliki tugas untuk mewartakan Kerajaan Allah di tengah dunia yang terluka ini.

·        Martyria : Tugas Gereja untuk Bersaksi di tengah dunia.
Gereja memiliki tugas untuk menjadi saksi Cinta Tuhan bagi sesama, memberi kesaksian mengenai Kerajaan Allah ditengah dunia. Bersaksi (martyria) adalah pewartaan (kerygma) yang lebih keras dan ekstrim. Karena, bersaksi itu menuntut adanya pengorbanan diri kita. Kita memiliki teladan yang begitu indah yaitu dalam diri Yesus sendiri. Ia rela mati untuk mewartakan Kerajaan Allah dan menyelamatkan kita. Selain itu, teladan juga kita dapatkan dari sosok para martir kita. Mereka rela mati demi Kristus (contoh : Santa Lusia). Kita pun dituntut untuk ” Berkorban” seperti Yesus dan para martir, hanya dalam konteks yang berbeda.

Dewasa ini, mungkin kita tak lagi dituntut untuk mati seperti para martir (martir merah) tapi bisa dengan cara yang lebih halus (martir putih).
Kesaksian dibagi menjadi 2 yaitu kesaksian ke dalam ( bagi anggota Gereja ) dan kesaksian ke luar ( bagi semua orang dan segala mahluk ).

3) Apa contoh kegiatan  yang ada di paroki kita yang merupakan contoh dari masing – masing tugas tersebut  ? Jawaban :
·        Liturgia : Contoh yang paling utama dari Liturgia dalam Paroki kita adalah pelayanan Sakramen. Selain itu, yang termasuk bidang pelayanan Liturgia adalah kegiatan doa kelompok – kelompok devosi, Novena Roh Kudus, dsb.

·        Diakonia : Kelompok devosi Legio Maria yang mengadakan kunjungan ke penjara, panti jompo, dsb. Selain itu, ada juga kelompok misdinar yang melayani perayaan ekaristi, dsb.

·        Koinonia : adanya kelompok – kelompok doa.

·        Kerygma : Contoh kegiatan di Paroki yang termasuk kerygma antara lain, Khotbah imam saat misa, menjadi Lektor di paroki, pendalaman iman saat bulan kitab suci, Bina Iman Anak, dsb.
·        Martyria : Unsur Martyria hadir dalam semua tugas Gereja yang lain. Apa yang kita lakukan dalam 4 tugas Gereja yang lain adalah ungkapan iman kita kepada Kristus yang menjadi Kesaksian Hidup kita ditengah dunia. Semua membutuhkan pengorbanan kita. Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dsb. Adanya semua tugas yang lain mendorong terpenuhi nya tugas martyria.

4) Menurut Romo, dari kelima tugas itu, mana yang paling sulit untuk dilaksanakan ?
Jawaban : Semua tugas tersebut memiliki kesulitan masing – masing. Semua sulit dan tidak bisa dianggap enteng. Semua merupakan wujud tanggung jawab Gereja pada dunia maupun pada Tuhan. Pelaksanaan ke lima tugas tersebut saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain.























davidpras1994@gmail.com @davithace 7a2f17f0

Share this post

0 Comment:

About-Privacy Policy-Contact Me
Copyright © 2014 idolCHIP. Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top